Spirituality

membebaskan dari belenggu menuju kebaktian kepada ilahi

Warna Auraku :




Your Aura Colour is Violet.

Violet are the visonaries and the leaders of the spectrum. They are spiritual, driven, motivated, dedicated, responsible, charismatic big-picture-types. They can also be curmedgeons.

Find out what colour your aura is.

Banyak orang mudah menyusun rencana, jadual kerja, konsep-konsep, dan tema atau judul dengan garis besar isi tulisan, tapi tidak pernah bisa menemukan jalan mudah untuk memulai. Ada juga yang bisa memulai, namun kehilangan arah di tengah perjalanan. Kenapa Anda tidak bisa memulai? Kenapa kehilangan arah? Jawabannya adalah karena Anda tidak fokus.

Banyak sebab kenapa orang tidak bisa fokus. Mungkin karena kondisi fisik yang sedang kelelahan, kurangnya nutrisi tubuh terutama otak, ketidakseimbangan hormonal, gangguan mental, situasi dan kondisi lingkungan dan lain sebagainya.

Namun yang lebih utama dari semua itu adalah latihan. Sebagai kegiatan otak dalam berpikir, fokus harus dilatih dan dibiasakan seperti halnya keterampilan tangan dan kaki dalam berolahraga. Otak yang tidak terbiasa berpikir secara fokus akan mudah goyah dan tidak bisa mendapatkan kondisi yang bagus untuk berpikir, sama seperti lemahnya pukulan seorang petenis atau tendangan pemain sepakbola yang jarang latihan.

Apa, sih fokus itu?
Ada banyak arti atau makna fokus, namun yang cocok untuk pembahasan ini adalah:
1. Sebuah pusat dari titik dari konsentrasi.
2. Kejelasan atau ketetapan maksimum dari sebuah ide; yakni perbedaan-perbedaan yang membawa kejelasan menuju kepada fokus atas perbedaan-perbedaan penting dari pendapat.
3. Konsentrasi dari perhatian atau energi pada sesuatu; artinya fokus dari aktivitas dialihkan kepada molekular tubuh terutama otak.
4. Lebih menekankan pada ketepatan daripada kecepatan.
5. Langsung menujukan seluruh perhatian pada sesuatu, dan mengabaikan yang lainnya.
Dari arti atau makna fokus tersebut di atas, kita bisa menarik kesimpulan mengenai definisi fokus secara lengkap, yakni:
Fokus adalah suatu pusat dari titik konsentrasi dengan menentukan kejelasan atau ketetapan maksimum dari sebuah ide dengan lebih menekankan pada ketepatan daripada kecepatan, dan mengonsentrasikan seluruh perhatian atau energi pada sesuatu, serta mengabaikan yang lainnya.

Langkah-langkah untuk mencapai fokus
Dari definisi fokus di atas bisa diambil beberapa langkah nyata untuk mencapai suatu fokus pada setiap hal yang ingin anda lakukan, yaitu:
1. Tentukan secara jelas ide yang sedang Anda coba realisasikan.
2. Apabila masih ada perbedaan pendapat-pendapat atas ide tersebut, tentukan terlebih dulu kejelasan dari perbedaan-perbedaan itu.


3. Tentukan suatu ukuran maksimum dari ide tersebut, artinya ide tersebut sudah mencapai suatu bentuk maksimal.
4. Kumpulkan energi pikiran pada otak Anda, bayangkan seluruh energi tubuh Anda sedang berada di otak pada saat yang sama untuk satu tujuan, yakni berkonsentrasi pada ide tersebut.
5. Arahkan dan tembakkan energi di otak tadi pada satu tujuan dengan tepat, yakni merealisasikan ide tadi, tapi jangan terburu-buru, perlahan tapi mengena.
6. Sekarang seluruh perhatian dan energi Anda sudah terkonsentrasikan pada sesuatu yang anda maksud, yakni realisasi ide tersebut dan abaikan yang lain.
7. Bayangkan bagian yang Anda tuju yakni ide tadi serta usaha untuk merealisasikannya berada di tengah dan disinari cahaya terang, sedangkan hal-hal selain itu berada di sisi luar dan tampak gelap tidak terlihat apa pun.
Apabila Anda berhasil melakukan ketujuh langkah tersebut untuk setiap tugas, pekerjaan, rencana-rencana, konsep-konsep, tema-tema, atau apa pun yang ingin Anda realisasikan, berarti Anda sudah fokus.

Sumber : http://www.wikimu.com/News/displaynews.aspx?id=14491

0 komentar:

Poskan Komentar